Pernyataan If
Struktur percabangan dimana bentuk umum dari IF … adalah:
If (Kondisi)
{
Statement 1;
…
}
{
Statement 1;
…
}
Contoh:
[code='c']
#include
#include
Void main()
{
int x;
printf(”1. Nilai Bahasa Inggris\n”);
printf(”2. Nilai Matematika\n”);
scanf(”%d”,&x);
[code='c']
#include
#include
Void main()
{
int x;
printf(”1. Nilai Bahasa Inggris\n”);
printf(”2. Nilai Matematika\n”);
scanf(”%d”,&x);
if (x==1)
printf(”Nilainya 85″);
printf(”Nilainya 85″);
if (x==2)
printf(”Nilainya 90″);
printf(”Nilainya 90″);
getch();
}
[/code]
Pernyataan IF … ELSE
}
[/code]
Pernyataan IF … ELSE
Bentuk umum dari IF … ELSE adalah:
If (Kondisi)
{
Statement 1;
Statement 2;
}
else
{
Statement 3;
Statement 4;
Statement dst;
}
{
Statement 1;
Statement 2;
}
else
{
Statement 3;
Statement 4;
Statement dst;
}
Contoh:
[code='c']
#include
#include
Void main()
{
int x;
printf(”1. Nilai Bahasa Inggris\n”);
printf(”2. Nilai Matematika\n”);
scanf(”%d”,&x);
if (x =1)
{
printf(”Nilainya 85″);
}
if (x==2)
{
printf(”Nilainya 90″);
}
else
{
printf(”Tidak ada nilainya”);
}
return 0;
}
[/code]
Pernyataan Switch
[code='c']
#include
#include
Void main()
{
int x;
printf(”1. Nilai Bahasa Inggris\n”);
printf(”2. Nilai Matematika\n”);
scanf(”%d”,&x);
if (x =1)
{
printf(”Nilainya 85″);
}
if (x==2)
{
printf(”Nilainya 90″);
}
else
{
printf(”Tidak ada nilainya”);
}
return 0;
}
[/code]
Pernyataan Switch
Bentuk umum dari Swicth … Case adalah:
switch(skor)
{
case 1: …
break;
case 2: …
break;
….
}
{
case 1: …
break;
case 2: …
break;
….
}
Contoh:
[code='c']
#include
#include
Void main()
{
int x;
printf(”1. Nilai Bahasa Inggris\n”);
printf(”2. Nilai Matematika\n”);
scanf (”%d”, &x)
switch (x)
{
{
case 1: printf(”Nilainya 85″); break;
case 2: printf(”Nilainya 90″); break;
default: printf(”Tidak ada nilainya”);
}
Getch();
}
[/code]
Lampiran Program
[code='c']
#include
#include
Void main()
{
int x;
printf(”1. Nilai Bahasa Inggris\n”);
printf(”2. Nilai Matematika\n”);
scanf (”%d”, &x)
switch (x)
{
{
case 1: printf(”Nilainya 85″); break;
case 2: printf(”Nilainya 90″); break;
default: printf(”Tidak ada nilainya”);
}
Getch();
}
[/code]
Lampiran Program
/*Program 1*/
[code='c']
#include
#include
//Program untuk menghitung luas lingkaran
main()
{
float pi = 3.1415;
float r;
printf (”Jari-jari lingkaran = “);
scanf (”%f”, &r);
printf (”Luas lingkaran = %f”, pi * r * r);
getch();
}
[/code]
/*Program 2*/
[code='c']
#include
#include
//Program untuk mengetahui nilai suatu inputan
main()
{
int a;
printf (”Ketikkan suatu nilai integer :”);
scanf (”%d”, &a);
if (a > 0)
{
printf (”Nilai yang anda masukkan bernilai positif %d “, a);
}
else if (a == 0)
{
printf (”Nilai Nol %d “, a);
}
else /* a > 0 */
{
printf (”Nilai yang anda masukkan bernilai negatif %d “, a);
}
getch();
}
[/code]
/*Program 3*/
[code='c']
#include
#include
#include
//menghitung keliling segitiga
main()
{
int a,b,c,K;
printf(”Masukan nilai a = “);
scanf(”%i”,&a);
printf(”Masukan nilai b = “);
scanf(”%i”,&b);
printf(”Masukan nilai c = “);
scanf(”%i”,&c);
K = (a+b+c);
printf(”Keliling segitiga adalah %i”, K);
getch();
}
[/code]
[code='c']
#include
#include
//Program untuk menghitung luas lingkaran
main()
{
float pi = 3.1415;
float r;
printf (”Jari-jari lingkaran = “);
scanf (”%f”, &r);
printf (”Luas lingkaran = %f”, pi * r * r);
getch();
}
[/code]
/*Program 2*/
[code='c']
#include
#include
//Program untuk mengetahui nilai suatu inputan
main()
{
int a;
printf (”Ketikkan suatu nilai integer :”);
scanf (”%d”, &a);
if (a > 0)
{
printf (”Nilai yang anda masukkan bernilai positif %d “, a);
}
else if (a == 0)
{
printf (”Nilai Nol %d “, a);
}
else /* a > 0 */
{
printf (”Nilai yang anda masukkan bernilai negatif %d “, a);
}
getch();
}
[/code]
/*Program 3*/
[code='c']
#include
#include
#include
//menghitung keliling segitiga
main()
{
int a,b,c,K;
printf(”Masukan nilai a = “);
scanf(”%i”,&a);
printf(”Masukan nilai b = “);
scanf(”%i”,&b);
printf(”Masukan nilai c = “);
scanf(”%i”,&c);
K = (a+b+c);
printf(”Keliling segitiga adalah %i”, K);
getch();
}
[/code]