Download

Membuat Laporan Ringkas Pivot Table Microsoft Excel

Membuat laporan kantor seperti data penjualan, pengeluaran dan sebagainya biasanya menggunakan Microsoft Excel sebagai program aplikasinya. Jika dalam sebuah laporan terdapat data hingga lebih dari 400 data, maka data tersebut harus dibuat laporannya dengan ringkas dan tepat. Microsoft Excel menyediakan fitur yaitu Pivot Table, yang dapat membuat laporan data yang banyak menjadi ringkas dan cepat. Untuk lebih jelasnya ikuti contoh berikut :


  1. Diumpamakan ada sebuah data seperti pada gambar dibawah ini :
     
    Data diatas terdiri dari Category, Product, Sales, dan Quarter yang berjumlah 286 data didalamnya. Jika ingin mendownload contohnya disini
  2. Klik cell Category.
  3. Klik Menu Data-PivotTable and PivotChart Report.
  4. Muncul jendela PivotTable and PivotChart Report Wizard Step 1 of 3, klik Next.
  5.  Pada jendela PivotTable and PivotChart Report Wizard Step 2 of 3, klik Next.
  6. Pada jendela PivotTable and PivotChart Report Wizard Step 3 of 3, klik tombol Layout untuk mengatur bentuk laporan yang akan ditampilkan nantinya.
  7. Pada jendela PivotTable and PivotChart Report Layout, drag Category, Product ke bagian ROW dan Sales ke Bagian DATA. Klik OK
  8. Klik Finish. Maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. EdiHaryanto - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger